Memahami Sosial Media Saat Ini Judulnya kedengaran serius ya? tapi sebenarnya ini yang sedang in dilakukan oleh orang-orang saat ini. Net...

Home

Memahami Sosial Media Saat Ini

Judulnya kedengaran serius ya? tapi sebenarnya ini yang sedang in dilakukan oleh orang-orang saat ini. Netizen sebagai term yang relatif baru walau sebenarnya sejak awal 90 an penduduk bumi ini sudah mengenal internet. Indonesia mulai marak penggunaan internet di awal tahun 2000 an. Maka sangat aneh kalau saat ini ada anak muda terutama yang tidak kenal dunia yang satu ini. Banyak yang memahaminya berbeda. Sebagian sering menggunakan teknologi ini tapi tidak menyadari, karena mereka hanya menggunakan salah satu aplikasi saja.Contohnya ketika kita menanyakan bocah yang selalu menghabiskan sebagian waktunya bermain game online.Ketika ditanya "Kamu suka main internet ya?, lalu dijawab si bocah ini dengan polosnya "Nggak! padahal apa yang dilakukannya itu berada di dalam internet. Sama seperti orang yang suka facebookan ketika ditanya internet dia menjawab ga tau, taunya cuma main fesbuk, hehe... geli juga dengernya. Tapi itu tidak usah dipermasalahkan toh nantinya juga mereka memahaminya seiring bertambahnya kebutuhan dan tingkat usia yang semakin bertambah.

Sosial media atau lebih populer dengan istilah jejaring sosial or the social network, membuat segala sesuatunya menjadi mungkin. kita bisa mendapat atau memiliki jaringan yang sangat luas menembus batas teritorial dan budaya. Inilah yang disebut era Informasi or Information age. Dengan segala permasalahannya dan dampak yang ditimbulkan. Masih segar dalam ingatan kita peristiwa sejarah yang terjadi di Timur tengah dan afrika belum lama ini. Dimana berkat jejaring sosial, sosial media, para masyarakat sipil yang didominasi kaum muda di Mesir bersatu padu menggulingkan seorang tirani dengan sistemnya yang  selama ini meresahkan rakyatnya. Akhirnya tumbang karena mass action lewat social network ini, apapun nama jejaring sosialnya. Dengan mudahnya media ini mampu memobilisasi sekian banyak orang , mulai dari menciptakan opini, wacana dus langkah akhirnya aksi nyata yang supermasif (berapi-api).

Kalau kita atau saya pikir mungkinkah ini akan terjadi kembali di Indonesia? hm.... sangat mungkin. Tapi ini bukan lagi masa yang tepat untuk menggulingkan pemerintahan. Era itu telah lewat 13 tahun silam. Sekarang ini bagaimana lebih tepatnya kita bergerak untuk memperbaiki segala aspek mulai dari yang sederhana. Seperti bagaimana memanfaatkan lahan yang sedikit disekitar rumah kita agar menjadi bermanfaat dan produktif. Atau seperti brother kita Iman Usman dengan organisasi Indonesian Future Leaders ( IFL) nya. Begitu mengagumkan dan inspiratif. Ya para pemudanya lah yang akan mewujudkan semua itu. Menjadikan masa depan Indonesia kita lebih baik dan bukan tidak mungkin menjadi negara maju!. Itu adalah harapan kita semua dan melalui gerakan sosial melalui media baru ini semua itu akan terwujud. Dan kita sedang menyaksikan denyut-denyut kebangkitan itu di depan mata kita!

And.... finally lets be a responsible netizen. Young netizen, think before posting.Make a change from small thing. Change from our self first. Adios!