Ok gaess, kali ini saya akan membahas sekaligus menjadi motivasi pribadi saya sebagai penulis ecek-ecek. Adalah 5 kebiasaan harian menul...

Rutinitas Harian 5 Penulis Terkenal

 

Ok gaess, kali ini saya akan membahas sekaligus menjadi motivasi pribadi saya sebagai penulis ecek-ecek. Adalah 5 kebiasaan harian menulis para penulis terkenal. Jujur tidak semua penulis di bawah ini saya sudah baca bukunya, ada yang sekedar pernah dengar saja, ada juga bukunya beredar di Indonesia dengan Bahasa Aslinya alias import. Tahu sendirilah buku import itu harganya kan. Bukan alasan selain alasan ekonomis. Tapi setidaknya ini bisa menjadi bahan pelajaran yang semoga saja bermanfaat bagi kita yang suka menulis khususnya. Kita mulai.

Haruki Murakami

Penulis asal Jepang ini memiliki ciri khas novelnya yang penuh fantasi, imajinasi, absurditas, bahkan surealis. Singkat kata: Unik. Salah satunya yang sudah diterbitkan dalam Bahasa Indonesia berjudul “Norwegian Wood”. Dalam sebuah wawancara oleh laman the paris review Tahun 2004 silam, Murakami dalam diskusinya mengenai kebiasaan fisik dan mentalnya. “Ketika saya dalam mode menulis novel, saya bangun tidur pukul 4 pagi dan bekerja sampai 5 ke enam jam. Siang hari saya lari sejauh 10 kilo meter atau berenang sebanyak 1500 meter ( atau kedua-duanya), lalu saya baca buku dan mendengarkan music. Dan pergi tidur jam 9 malam. Saya menjaga rutinitas ini setiap hari tanpa variasi. Pengulangan itu sendiri menjadi hal penting, merupakan bentuk hypnosis. Saya tenggelam dalam kedalaman pikiran. Tetapi untuk menahan pengulangan seperti itu begitu lama - enam bulan hingga satu tahun - membutuhkan kekuatan mental dan fisik yang baik. Dalam pengertian sebenarnya, menulis novel panjang seperti pelatihan bertahan hidup. Kekuatan fisik sama pentingnya dengan kepekaan artistik. 


 

Ernest Hemingway

Ini satu penulis cerpen favorit saya. Dalam sebuah wawancara dengan George Plimpton, Hemingway membuka rutinitas hariannya.

Ketika saya sedang mengerjakan sebuah buku atau sebuah cerita, saya menulis setiap pagi secepat mungkin setelah cahaya pertama. Tidak ada yang mengganggu Anda dan itu sejuk atau dingin dan Anda datang ke pekerjaan Anda dan hangat saat Anda menulis. Anda membaca apa yang telah Anda tulis dan, karena Anda selalu berhenti ketika Anda tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, Anda melanjutkan dari sana.

Anda menulis sampai Anda tiba di tempat di mana Anda masih memiliki jus Anda dan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dan Anda berhenti dan mencoba untuk hidup sampai hari berikutnya ketika Anda memukulnya lagi. Anda sudah mulai pada pukul enam pagi, katakanlah, dan mungkin berlanjut hingga tengah hari atau sebelum itu.

 


Ketika Anda berhenti, Anda sama hampa, dan pada saat yang sama tidak pernah kosong tetapi mengisi, seperti ketika Anda bercinta dengan seseorang yang Anda cintai. Tidak ada yang bisa menyakiti Anda, tidak ada yang bisa terjadi, tidak ada artinya sampai hari berikutnya ketika Anda melakukannya lagi. Penantian hingga hari berikutnya yang sulit dilalui.

Jodi Picoult

Tujuh buku terakhir yang ditulis Jodi Picoult semuanya mencapai nomor 1 di daftar buku terlaris New York Times. Dalam sebuah wawancara dengan Noah Charney, dia berbicara tentang pendekatannya dalam menulis dan menciptakan…

Saya tidak percaya pada writer’s block yaitu kondisi pikiran buntu saat menulis. Pikirkanlah - ketika Anda mengalami tenggat waktu di perguruan tinggi dan harus menulis makalah, bukankah itu selalu berhasil memperbaiki dengan sendirinya pada malam sebelum makalah jatuh tempo? Blok penulis memiliki terlalu banyak waktu di tangan Anda. Jika Anda memiliki waktu terbatas untuk menulis, Anda tinggal duduk dan melakukannya. Anda mungkin tidak menulis dengan baik setiap hari, tetapi Anda selalu dapat mengedit halaman yang buruk. Anda tidak dapat mengedit halaman kosong. Kena banget kan? Dan menarik ini pemikiran bu Jodi ini. Btw beliau wanita ya. Contoh sederhana saat kuliah. Bagaimanapun juga tetap bisa menyelesaikan tugas apapun dari dosen. Bisa juga ini the power of kepepet dalam menulis. Atau kita harus memberikan waktu tenggat sendiri ya. Agar terus konsisten menulis.



 

Khaled Hosseini

Dalam sebuah wawancara dengan Noah Charney, Hosseini berbicara tentang kebiasaan menulis hariannya dan hal-hal penting yang harus dilakukan semua penulis…

Saya tidak menguraikan sama sekali, menurut saya tidak berguna, dan saya tidak suka cara itu memasukkan saya. Saya suka elemen kejutan dan spontanitas, membiarkan cerita menemukan jalannya sendiri. Karena alasan ini, menurut saya menulis draf pertama sangat sulit dan melelahkan. Hal ini juga seringkali mengecewakan. Itu hampir tidak pernah menjadi seperti yang saya pikirkan, dan biasanya itu cukup jauh dari cita-cita yang saya pegang dalam pikiran saya ketika saya mulai menulisnya. Namun, saya suka menulis ulang. Draf pertama benar-benar hanya sketsa di mana saya menambahkan lapisan dan dimensi dan bayangan dan nuansa dan warna. Menulis untuk saya sebagian besar adalah tentang menulis ulang. Selama proses inilah saya menemukan makna, koneksi, dan kemungkinan tersembunyi yang saya lewatkan untuk pertama kalinya. Dalam penulisan ulang, saya berharap untuk melihat ceritanya semakin dekat dengan harapan awal saya.

 


Saya telah bertemu begitu banyak orang yang mengatakan bahwa mereka memiliki buku di dalamnya, tetapi mereka tidak pernah menulis sepatah kata pun. Untuk menjadi seorang penulis - ini mungkin tampak basi, saya sadari - Anda harus benar-benar menulis. Anda harus menulis setiap hari, dan Anda harus menulis apakah Anda menyukainya atau tidak. Mungkin yang paling penting, tulislah untuk salah satu audiens - Anda sendiri. Tulis cerita yang ingin Anda ceritakan dan ingin Anda baca. Tidak mungkin mengetahui apa yang diinginkan orang lain, jadi jangan buang waktu untuk mencoba menebak. Tulis saja tentang hal-hal yang mengganggu Anda dan membuat Anda terjaga di malam hari. Tidak pernah basi sebenarnya saran beliau bagi yang niat menulis. Bahkan penulis kaliber pun pernah buruk hasil tulisannya. Terus mencoba saja.

 

AJ Jacobs

Dalam sebuah wawancara untuk serial, How I Write, Jacobs berbicara tentang rutinitas menulis hariannya dan memberikan beberapa nasihat untuk penulis muda…

Anak-anak saya membangunkan saya. Saya seduh kopi. Saya membuatkan anak-anak saya sarapan, mengantar mereka ke sekolah, lalu pulang dan mencoba menulis. Saya gagal dalam hal itu sampai saya memaksa diri saya untuk mematikan akses Internet saya sehingga saya bisa mendapatkan sedikit perlindungan dari badai informasi.

 


Saya penggemar berat pembuatan garis besar. Saya menulis garis besar. Kemudian garis besar yang sedikit lebih detail. Kemudian yang lain dengan lebih detail. Bentuk kalimat, tanda baca ditambahkan, dan akhirnya semuanya berubah menjadi sebuah buku.

 

Saya menulis sambil berjalan di atas treadmill. Saya memulai latihan ini ketika saya mengerjakan Drop Dead Healthy, dan membaca semua penelitian ini tentang bahaya dari kehidupan yang tidak banyak bergerak. Duduk sangat buruk bagi Anda. Seorang dokter memberi tahu saya bahwa "duduk adalah cara baru merokok". Jadi saya membeli treadmill dan meletakkan komputer saya di atasnya. Saya membutuhkan sekitar 1.200 mil untuk menulis buku saya. Saya menyukainya - itu membuat saya tetap terjaga, untuk satu hal.

 

Jacobs juga memiliki nasihat untuk penulis muda…

 

Paksakan diri Anda untuk menghasilkan lusinan ide. Banyak dari ide-ide itu akan menjadi buruk. Faktanya, kebanyakan dari mereka. Tapi akan ada permata berkilau di sana juga. Cobalah untuk menyisihkan 20 menit sehari hanya untuk brainstorming.

Menarik bukan? Dari semua cara penulis terkenal melakukan rutinitasnya, manakah yang cocok untuk kita? Hanya kita yang tahu. Dan tidak semua bisa dilakukan. Saran sederhana saya adalah: coba semua dalam sepekan dan lihat apakah bisa diikuti? Selanjutnya lakukan improvisasi atau penyesuaian dengan kondisi masing-masing. Ya tidak semua orang dapat menulis sambil jalan di treadmill kan? So… selamat menulis

0 Post a Comment: