Dulu saya teringat ketika awal-awal internet mulai dikenal serta cara mengaksesnya lewat warnet ada dimana-mana. Saya pikir keren sekali w...

Mudahnya Memiliki Website Sendiri


 

Dulu saya teringat ketika awal-awal internet mulai dikenal serta cara mengaksesnya lewat warnet ada dimana-mana. Saya pikir keren sekali website-website yang saya lihat ketika itu. Sepertinya keren sekali jika punya website sendiri. Saya tidak terlalu memperhatikan bahwa saat itu sekitar 22 tahun ynag lalu, blog atau weblog sedang mulai dikenal orang-orang. Menjadi media ekspresi diri yang 2 sampai empat tahun kedepan menjadi trend. Mungkin seperti ngetrendnya sosial media hari ini. Sebelum banyak sosial media ketika itu. Awal 2000-an. Dan memiliki blog itu sangat mudah dan gratis. Diluar biaya internet tentunya.

 

Cukup punya email saja, kita sudah bisa memiliki sebuah blog. Ketika itu ada livejournal, yang biasa digunakan Mark Zuckerberg, ada wordpress, blogger, dll. Yang saya sebut dua terakhir masih exis dan lebih berkembang lagi. Memiliki blog yang paling sulit adalah konsistensi. Ya untuk konsisten menulis atau membuat konten itu perlu dedikasi yang tinggi. Bukan sekedar "daripada tidak ada kerjaan". Tidak kita, kamu  harus punya tujuan untuk apa memiliki sebuah blog. Saya memiliki blog pertama kali karena tuntutan tugas kuliah dari dosen. Sudah sepuluh tahun lebih saya punya blog dan... bisa dibilang 90 persennya tidak aktif. Sangat disayangkan kalau saja lima tahun terakhir saya tetap aktif dan fokus nge-blog mungkin hari ini sudah ada hasilnya. Dengan adsense pasti sudah banyak saya dapatkan. 

 

Seperti orang bijak bilang, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Ya betul. Seandainya sepuluh tahun atau ketika kuliah dulu sudah saya tekuni. Pasti hasilnya tak terbayangkan. Tapi sudahlah penyesalan memang selalu datang belakangan. Sudah hukum alam semesta. Menyesal di awal? sepertinya mustahil. Saatnya untuk membalikkan keadaan. Tidak mudah tapi bisa. Dengan strategi dan kiat-kiat cerdas lainnya. Blog memang tempat baik untuk memulai. Sebagai latihan untuk terbiasa menulis. Karena agar sebuah blog atau website itu berkembang. Tidak lain harus konsisten mengisi dengan konten-konten yang bermanfaat dan berkualitas. Bukan sekedar artikel biasa. Dalam dunia internet biasa disebut dengan SEO ( Search Engine Optimization) Saya jauh sekali dari kata ahli soal per SEO-an. Masih dan masih harus banget belajar. SEO adalah cara pemilik web atau blog agar dapat terindeks oleh Google dengan baik. Tampil di hasil pencarian halaman pertama adalah "mimpi basah" semua blogger dan pemilik website atau pebisnis online siapapun mereka. 

 



Banyak juga penulis konten blogger yang sudah maju dan traffick yang bagus tetapi masih dengan blog gratisan. Tidak ada yang salah dengan itu tetapi rasanya kurang pas untuk tetap mempertahankan blog yang belum "mandiri" dengan memiliki domain sendiri akan lebih profesional lagi dan bisa lebih banyak menghasilkan keuntungan secara finansial, agar konten lebih berkembnag lagi. Dan reputasinya lebih baik jika menggunakan domain sendiri. Karena sekarang ini sangat mudah dan murah untuk memiliki blog atau situs sendiri. Apakah itu blog, company profile, atau toko online. Sebuah website dan atau blog membutuhkan hosting yang baik dengan pelayanan pelanggan yang prima. Niagahoster adalah tempatnya. Kita bisa membeli domain satu paket dengan hosting. Ada paket 1 hingga 3 tahun yang sangat ekonomis. Sebagai seorang webdeveloper saya sudah merasakan kehandalan dari hosting yang satu ini. Niagahoster dengan paket yang variatif dan pelayanan yang sangat profesional. Ada paket yang sangat banyak peminatnya seperti simple wordpress untuk yang tidak paham soal web programming. Tidak ada yang tidak mungkin. Bahkan untuk yang bukan orang IT. Hari ini siapapun bisa punya website sendiri. Informasi lebih lanjut bisa teman-teman klik halaman ini

0 Post a Comment: